Selamat Datang

Minggu, 23 September 2018

Komponen Basis Data dan Peranan Basis Data dalam Industri

Hai kembali lagi di postingan blog ini. Kesempatan kali ini akan membahas mengenai komponen-komponen basis data serta peran basis data dalam dunia peindustrian. 

Setelah pada pembahasan-pembahasan sebelum nya kita mengenal apa itu basis data , apa saja fungsi basis data, dan alasan mengapa kita harus memakai basis data, hal berikut yang kita perlu ketahui yaitu apa saja komponen-komponen basis data.

http://srimulya25.blogspot.com


Komponen-Komponen Basis Data terdiri dari 4 bagian utama yaitu
1. Data
Basis data adalah basis data, tentu saja tanpa adanya data maka sebuah data bukanlah sebuah basis data. Data merupakan suatu fakta. Data dapat berupa teks, gambar, suara, dsb. Suatu data akan ditransformasikan menjadi informasi.

2. Yang kedua iaaah Hardware. Hardware merupakan perangkat keras komputer yang digunakan di dalam pengolahan basis data. Hardware utama dalam basis data yaitu perangkat penyimpanan (memori dan server) perangkat pemrosesan (CPU). Dan juga hardware input dan output berupa monitor, printer, speaker, keyboard dan sebagainya sesuai dengan jenis data yang diolah.

3. Berikutnya adalah Software. Software merupakan perangkat lunak yang berpartisipasi dalam pengolahan basis data. Software yang digunakan berupa DBMS, Sistem Operasi, Case Tools, Sistem Informasi, aplikasi,dan procedure.

- DBMS (Data Base Manegement System) : perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta pengguna.

- Sistem Operasi : Program yang memfungsikan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya (resource) dalam komputer dan melakukan operasi-operasi dasar dalam komputer (operasi I/O, pengelolaan file, dan lain-lain). Program DBMS hanya dapat dijalankan apabila Sistem Operasi yang dikehendakinya atau sesuai dengan spesifikasi.

- CASE Tools: software yang digunakan dalam perancangan basis data untuk membuat pemodelan data. Software ini menggunakan diagram untuk menggambarkan entitas, atribut, relasi, serta tipe data yang digunakan. Contoh CASE Tools adalah Power Designer, DB Designer, Visible Analyst, dan sebagainya.

- Sistem Informasi atau aplikasi yang menggunakan basis data. Contohnya SIAKAD, SIMPEG, dsb, yang di dalamnya terdapat basis data.

- Procedure: instruksi-instruksi dan aturan yang sesuai dengan bahasa basis data dan  di jalankan untuk mengelola dan mengoperasikan basis data.


4 User / Brainware/Pengguna
Pengguna ialah seorang yang berinteraksi dengan basis data. Terdapat 3 kategori pengguna dalam basis data

i. Database Manager :  Modul program yang menyediakan antar muka antara penyimpanan data tingkat rendah dalam database dengan program aplikasi dan query yang diajukan ke sistem database.

ii. Database Administrator (DBA): Orang yang mempunyai kuasa sebagai pusat kendali terhadap seluruh sistem ,baik data maupun program yang bisa mengakses data.

iii. Database User
Pemakai database berdasarkan cara mereka berinteraksi terhadap sistem di bagi lagi menjadi  :
a. Programer Aplikasi (PA) : programmer yang berinteraksi terhadap sistem database dengan menulis program dan menggunakan Data Manipulation Language (DML) yang dibuat dengan bahasa pemrograman, seperti bahasa C, Pascal, Cobol, dan lain-lain.
b. User Mahir (Casual User): pengguna yang berinteraksi dengan sistem database menggunakan fasilitas query yang telah disediakan oleh DBMS dan telah mahir menggunakannya.
c. User Umum (Naive User) : pengguna yang berinteraksi dengan sistem database tanpa menulis program dan query, tapi hanya menjalankan program-program aplikasi yang telah dibuat oleh programer aplikasi.
d. User Khusus (Specialized user) : pemakai yang menulis aplikasi database tidak dalam kerangka pemrosesan data secara tradisional tetapi untuk tujuan khusus,seperti untuk aplikasi Artificial Inteligent, sistem pakar, pengolahan citra dan sebagainya.

5. Jaringan merupakan penghubung antara komponen-komponen Basis Data. Jaringan merupakan sistem yang terdiri dari gabungan beberapa perangkat komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi dan akses informasi dari berbagai tempat.antar komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dengan adanya jaringan cakupan penggunaan basis data dapat semakin luas.

Peran -peran basis data dalam perindustrian
Dalam dunia perindustrian basis data sudah cukup banyak digunakan. Basis data diperlukan untuk akses data di dalam perusahaan (seperti basis data pegawai , atau basis data inventaris) dan  membantu perusahaan  untuk mencari data produk dengan cara yang lebih baik untuk menentukan keputusan dimasa depan. Berikut ini adalah beberapa peranan basis data dalam industri.

1. Industri Telekomunikasi
Basis data adalah keharusan bagi perusahaan-perusahaan telekomunikasi untuk menyimpan rincian panggilan, tagihan pasca bayar bulanan, transaksi-transaksi yang dilakukan pelanggan .

2. Industri Militer
Militer menyimpan catatan jutaan tentara dan memiliki jutaan file yang harus sangat aman. Karena database memberikan jaminan keamanan yang besar kepada informasi militer sehingga banyak digunakan di militer. Organisasi militer dapat dengan mudah mencari semua informasi tentang siapa pun dalam hitungan detik dengan bantuan basis data.

3.Industri Manufaktur
Perusahaan manufaktur membuat produk dan menjualnya setiap hari. Untuk menyimpan catatan semua rincian tentang produk seperti kuantitas, tagihan, pembelian, manajemen rantai pasokan, pada bagian inilah basis data digunakan.

4.Industri Perbankan
Bank melakukan ribuan transaksi melalui bank setiap hari dan beberapa jenis transaksi perbankan dilakukan tanpa pergi ke bank. Sebagai pengguna layanan bank, kita merasakan hal itu terasa cepat dan mudah. Beberapa hal tersebut merupakan bantuan karena bank basis data yang mengelola semua transaksi bank.

Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di postingan berikutnya..



Sumber :
http://smartspiritclassa.blogspot.com/2011/03/komponen-sistem-basis-data.html
https://whatisdbms.com/application-and-uses-of-database-management-system-dbms/
http://srimulya25.blogspot.com/2015/11/basis-data-dan-sistem-basis-data.html
https://www.educba.com/database-management-system/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berkomentar

Designed By